Puji syukur ke hadirat Allah swt, atas rahmat dan karuniaNya, Jurnal Farmasi Galenika volume 4 no 3 tahun 2017 dapat diterbitkan. Kami ucapkan terima kasih kepada para penulis yang telah bersedia mengirimkan artikelnya untuk diterbitkan di JFG volume 4 no 2 tahun 2017.

Pembaca jurnal yang terhormat, pada edisi ini, hasil evaluasi dewan redaksi, kami menerbitkan 5 artikel. Pada volume ini menyampaikan 2 hasil penelitian kajian potensi interaksi obat pada pasien asma rawat jalan di RS dan pada pasien skizofrenia rawat inap RSJ. Penelitian ini melaporkan obat yang paling banyak diresepkan dan berpotensi terjadinya interaksi antar obat dalam resep. Hasil kajian ini dapat menjadi rujukan bagi RS untuk mencegah dan menghindari terjadinya interaksi tersebut.

Hasil penelitian penetapan kadar komponen obat pseudoefedrin dan loratadin secara kualitatif dan kuantitatif dapat menjadi acuan metode standar pengujian obat tersebut.

Hasil penelitian praklinik berupa uji keamanan ekstrak biji dan klika Kelor (Moringa oleifera Lamk) menjadi data awal untuk pengembangan potensi ekstrak tersebut sebagai obat kanker maupun aktivitas farmakologi lainnya. Selain itu potensi ekstrak Teripang Pasir (Holothuria scabra Jeger) sebagai antiacne telah dilaporkan komposisi formula terbaiknya.

Semoga penelitian tersebut dapat dimanfaatkan untuk penelitian selanjutnya dan memperkaya khasanah kekayaan alam Indonesia. Laporan penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat dalam rangka pemeliharaan kesehatan dan menjadi landasan penelitian lanjut bagi peneliti.

 Bandung, Desember 2017

 Dewan Redaksi

Published: 2017-12-27