Puji syukur ke hadirat Allah swt, atas rahmat dan karuniaNya, Jurnal Farmasi Galenika volume 4 no 2 tahun 2017 dapat diterbitkan. Kami ucapkan terima kasih kepada para penulis yang telah bersedia mengirimkan artikelnya untuk diterbitkan di JFG volume 4 no 2 tahun 2017.

Pembaca jurnal yang terhormat, pada edisi ini, hasil evaluasi dewan redaksi, kami menerbitkan 5 artikel. Pada volume ini melaporkan penelitian yang dilakukan oleh 4 institusi antara lain STFB, UNISBA, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Tjut Nyak Dhien. Hasil penelitian yang dilaporkan terdiri efek farmakologi yang potensial dari daun sambiloto (Andrographis paniculata (Burm.f) Wallich ex Nees) dan herba kitolod (Isotoma longiflora (L.) C. Persl) sebagai antibakteri. Laporan batas keamanan zat aktif yang terkandung dalam sediaan krim tabir surya yang beredar di pasaran. Informasi yang bermanfaat mengenai kemampuan daun selada (Lactuca sativa L.) dalam mencegah batu ginjal karena kandungan kaliumnya yang tinggi dapat melarutkan kalsium oksalat. Pembuatan sediaan deodorant Roll On yang mengandung papain sebagai antibakteri juga dapat mencerahkan kulit.

Semoga penelitian tersebut dapat dimanfaatkan untuk penelitian selanjutnya dan memperkaya khasanah kekayaan alam Indonesia. Laporan penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat dalam rangka pemeliharaan kesehatan dan menjadi landasan penelitian lanjut bagi peneliti.

Bandung,Agustus  2017

 Dewan Redaksi

Published: 2017-08-21